Minggu, 05 Februari 2012

KISI - KISI UJIAN MANAJEMEN STRATEGIK


1.      Salah satu Strategi Keunggulan Bersaing adalah Strategi Market Leader, Syarat u/ memperoleh posisi market leader:
a.      Product Focused: Kepedulian, misalnya Toyota membuat mobil besar hingga kecil, dari Alphard sampai Yaris.
b.      Technology Focused: Produk yang mutakhir selalu memperbaharui teknologi. Misalnya hp dulu belum bisa touch screen sekarang sudah bisa.
c.      Customer Focused. Kepedulian terhadap Customer Misalnya Mobil 88 menerima penjualan dengan harga tinggi.

2.      Strategi Pertumbuhan Kecil Tapi Indah (Schomacher):
a.      Merupakan suatu Strategi Pertumbuhan dimana untuk keperluan tersebut tidak harus perusahaanya menjadi besar melainkan perusahaan yang bersangkutan tetap kecil sesuai dengan kemampuan manajemenya.
b.      Namun demikian perusahaan merupakan perusahaan yang sekat, lincah (cepat dapat merebut peluang) dan mendunia (global).
c.      Dalam hal ini, bilamana perusahaan yang bersangkutan berhasil dan ingin berkembang, maka lebih baik dia akan menempuh membuat perusahaan yang sama pada tempat yang lain atau disebut pengembangan outlet.Contoh: Kentucky Fried Chicken, Mc.Doald, Restaurant, Circle K dst.

3.      Strategi Diversifikasi Konglomerasi (Conglomeration):
a.      Pengembangan internal yang masih terkait dengan kegiatan pokok yang selama ini telah ditangani (Internal Related Growth).
b.      Pengembangan dengan integrasi vertical baik hulu ataupun ke hilir (Backward Integration atau Forward Integration).
c.      Pengembangan external yang tidak terkait dengan kegiatan inti bisnisnya selama ini (External Unrelated Growth).

4.      5 Kekuatan Persaingan M.Porter, 1990:
a.      Threat of Potential Entrants (ancaman dari pendatang2 baru).
b.      Bargaining Power of Suppliers (kemampuan tawar menawar dengan supplier).
c.      Bargaining power of Buyers (kemampuan tawar menawar dengan pembeli/pelanggan).
d.      Threat of Subtitute Product or services (ancaman dari barang/jasa pengganti),
e.      Rivalry among Existing Firms (persaingan diantara perusahaan2 yang ada).

5.      “Strategi 5 C” oleh Kenichi Ohmae:
a.      Customer, sebagai customer akan mengutamakan perhatiannya pada kualitas, harga, desain, nilai dan bagaimana pendekatanya kepada para customer. Perlu ditekankan sebagai customer praktis secara relative tidak terfikir apakah produk tersebut buatan negerinya atau bukan.
b.      Competition, dimana denga kemajuan dan perkembangan teknologi maka tidak ada suatu perusahaanpun yang dapat bertahan dengan teknologi yang telah dikuasainya tersebut. Sedangkan bagi pihak lain selalu terbuka teknologi yang lain sehingga dikemukakan “no one p;ayer can master everything.
c.      Company, dalam hubungan ini diperlukan adanya “brand name” bagi suatu perusahaan untuk menghadapi persaingan yang bersifat global. Sehubungan denga hal tersebut memelihara brand name tersebut memerlukan suatu pengeluaran sebagai biaya tetap yang harus diperhitungkan.
d.      Country, sebagai suatu perusahaan yang memiliki wawasan global pemilihan atas Negara yang dapat merupakan daerah subur bagi pengembangan perusahaan tersebut dalam rangka kegiatan usaha.
e.      Currency, dalam hubungan inis suatu perusahaan yang berwawasan global menginginkan penggunaan mata uang yang tidak terlalu mudah berfluktuasi sehingga akan menyulitkan didalam pengamanan resiko sebagai akibat dari ketidakstabilan nilai tukarnya.

6.      Berbagai langkah pokok Strategic Action:
a.      Melibatkan semua karyawan dalam proses perencanaan.
b.      Menjaring pemikiran pemikiran arus bawah secara informal
c.      Mendorong keikutsertaan dalam organisasi profesi
d.      Menyelenggarakan pertemuan untuk mendiskusikan hal hal penting, seperti persaingan

7.      Ragam kekuatan persaingan yang mungkin muncul dan bagaiman Strateginya:
a.      Strategi Comparative Advantage: Suatu strategi yang mendasarkan atas keunggunlan yang dimiliki disbanding dengan pihak lain, terutama dari “factor endowment” misal: Perusahaan tersebut memiliki SDM yang lebih ahli daripada perusahaan lainnya; atau memiliki pengalaman yang lebih ahli daripada perusahaan lainnya; atau memiliki pengalaman dan atau seperti itu, maka tidak sulit baginya untuk memenangkan persaingannya di pasar. Namun demikian, strategi comparative advantage jikalau hati-hati akan mudah dikejar oleh pesaing di dalam perkembangannya.
b.      Competitive Advantage: Suatu strategi yang mendasarkan atas kemampuannya bersaing di pasar dikarenakan kemampuannya didalam pengembangan rekayasa teknologi dan ataupun rekayasa manajemen, sehingga perusahaan yang bersangkutan berada pada posisi “One Step Ahead”
c.      Lesat Cost Strtegy ( Cost Leadership Strategy) Strategi ini dalam menghadapi para pesaingnya dengan upaya untuk menyediakan produk dengan kualitas dan kuantitas yang sama dengan harga (biaya) yang termurah.
d.      Differentiation Strategy. Strategy ini dalam menghadapi para pesaingnya dengan menyediakan produk yang berbeda (unoque) dari produk sejenis yang lain. Dengan demikian produknya “lain dari yang lain”. Perbedaanya adalah misalnya dalam kualitas, desain, technology,  pelayanan, image (citra)) dan sebagainya. Misalnya mobil Mercedes Benz dibandingkan dengan mobil Toyota.
e.      Focus Strategy Satrategi ini dalam menghadapi pesaingnya dengan cara memilih segmen pasar yang terfokus dengan jenis produk yang terfokus pula.

Contoh: perusahaan restoran ayam goring KFC yang memfokuskan segmen pasarnya pada generasi muda, sedangkan produknya terfokus kepada ayam goring. Sejalan dengan hal tersebut, maka ia kemukakan slogan “ We do only one thing and we do right”.

8.      Strategi Diferensiasi menitikberatkan membangun presepsi konsumen/pelanggan akan keunggulan yang dimiliki produkyang dihasilkan perusahaan. Dapat dikatakan strategi ini mengambil konsumen dan pelanggan sebagai pusat perhatian utama. Dengan demikian, perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi harus dapat membuat produk yang memiliki keunggulan bersaing? Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab manajer operasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar