Jumat, 05 Desember 2008

MASA NATAL SEKOLAH MINGGUKU SELALU INDAH

Ingat desember..
Ingat Natal...
Hari ini sesampainya dirumah, ku dengar alunan musik natal. Nampaknya ada acara dirumah tetanggaku. Ternyata benar dugaanku, disamping rumahku ada acara Natal Sekolah Minggu. Aku jadi ingat dengan masa-masa Natal yang telah kulalui semasa Sekolah Minggu dulu. 
Biasanya beberapa bulan sebelum Natal pasti ada latihan Natal, moment itu selalu kunanti-natikan, karena aku senang deh biasanya aku, teman-teman, dan Guru Sekolah Minggu makin akrab dengan latihan Natal, karena kami semua jadi sering berkumpul untuk persiapan Natal. Tapi sepulang latihan biasanya kami lebih suka jalan kaki melewati teman-teman (sambil mengantar mereka pulang). Pastinya selama perjalanan pulang pasti selalu ada jajanan yang kami beli, entah itu dari duit sendiri atau sering pula dijajani kakak sekolah minggu. 
Aku paling suka mengisi acara Natal Sekolah Minggu dengan nyanyi, karena ada kebahagiaan yang selalu kurasakan saat bernyanyi. Biasanya aku sering diminta mengisi acara membawakan pujian untuk Vocal Group, Solo, Drama, Operet, membuat puisi, menari, singer (mendampingi MC).  
Sayangnya kegiatan seperti itu tidak pernah lagi ku lakukan untuk Natal. Tapi bukan cuma mengisi acara aja yang paling ku ingat. Masih ada moment-moment lain yang menjadi kenangan selama Natal Sekolah Minggu. 
Dulu, aku bersama beberapa teman sering banget mengintip tempat yang dilarang untuk kita masuki. Nah, karena penasaran kita berusaha mengintip untuk cari tahu ada rahasia apa di dalam ruangan tersebut. Eh, ternyata kami melihat begitu banyak hadiah Natal yang sedang persiapkan oleh kakak-kakak Sekolah minggu. Wah, aku jadi gak sabar untuk cepat-cepat terima hadiah Natal. Mungkin aku agak sedikit berbeda dari teman-teman yang lain. Aku pengen hadiah Natalku menjadi surprise untukku, padahal sebenarnya kami semua bisa minta hadiah Natal sesuai keinginan dan jumlah tabungan kami selama setahun. Tapi, setiap kali ditanya kakak-kakak Sekolah Minggu, ”Tessa tabungannya mau dibeliin apa?” Pasti jawaban aku,”Terserah kakak aja, yang penting bisa berguna untuk sekolah.” Jadi, aku sering banget dapet hadiah yang berguna untuk sekolahku, karena setiap memasuki Tahun Baru pastinya teman-temanku selalu pamer barang-barang pemberian orang tua mereka. Ya, aku gak mau kalah deh dengan uang tabunganku setahun yang bisa dibeliin peralatan sekolah dan barang-barang lain yang pastinya lagi trend pada saat itu. Aku pernah dapat Alat-alat tulis yang lucu2, Tas Winnie The Pooh, Orgi, Jam Mickey Mouse, Pajangan Angel dan Santa Claus (selalu ada setiap tahun dengan bentuk yang berbeda-beda), wah pokoknya masih banyak lagi deh. Makanya dulu waktu Natal terakhir aku di Sekolah Minggu aku tuh sedih dan berpikir, ”Yah, tahun depan aku gak dapet hadiah lagi deh.” 
Eits, di ruangan rahasia itu memang bener-bener menyimpan rahasia makanya kita gak boleh masuk, ternyata bukan cuma hadiah saja yang bisa kami temukan, disitu juga ada daftar anak2 yang ”Ter... ter...ter...” Tapi aku gak mau liat daftar itu, cuma aku tetap bisa tau siapa aja anak-anak terajin di masing-masing kelas karena temanku yang mengintip pasti langsung memberitahukan. Dan salah satunya pasti ada dalam keluarga aku setiap tahun. 
Tapi ada lagi yang paling spesial di Natal Sekolah Minggu, selain acara dan hadiahnya. Mungkin ini spesial untuk aku dan teman-teman yang berulang tahun di bulan Desember. Karena beberapa kali aku diberi kesempatan untuk potong kue ulang tahun Yesus. Pokoknya tradisi ini jarang ditemukan deh, dan cuma ada di Sekolah Minggu. 
Nah, itulah beberapa moment yang masih teringat selama Natal di Sekolah Minggu. Makanya, setelah aku Pemuda pun aku masih sering ikut terlibat di Natal Sekolah Minggu. Setiap tahun selalu menjadi Singer untuk acara (berarti moment latihan Natal tetap harus ikut karena harus latihan sama temen-teman Tim Pemusik. Trus, aku juga jadi ikut bantu ngajar latihan Vocal Group Anak Sekolah Minggu, yang pastinya mereka adik-adik kelas di Sekolah Minggu. Dan pas acara akan bantu-bantu ganti baju di ruang ganti dan menjaga agar anak sekolah minggu gak rame ngobrol. Nah, yang paling enak adalah waktu mencari hadiah untuk anak-anak sekolah minggu, capek sih tapi seneng karena bisa jalan-jalan ke tempat-tempat belanja seperti Imanuel, Gramedia, Jatinegara, Pasar Pagi Asemka, Pasar Pagi Mangga Dua, Disc Tarra, Blok M dan beberapa tempat yang gak bisa disebutin satu per satu. Pokoknya semua tempat yang menjual barang yang diminta adik-adik sekolah minggu. Nah, setelah dapet hadiah biasanya mulai males karena harus membungkus hadiah-hadiah, souvenir dan snack sekolah minggu. O iya, aku juga sering banget ikut dekor untuk Natal sekolah minggu. Pokoknya seru banget deh... 
Tapi yang paling berkesan adalah ucapan spesial (karena gak ada orang yang denger) selamat ulang tahun dan harapannya di tahun depan dari Mr Santa Claus ( I hope you always be my best brother, my bestfriend, my best boyfriend, so I was think I never forget you coz I will love you.. But now, you are just my brother and still my inspiration, at least I can’t love you till the end )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar