Selasa, 26 Mei 2009
Service in KFC
Beberapa hari yang lalu tepatnya di hari minggu, keluarga ku menyempatkan makan malam bersama di sebuah restoran fastfood. Aku dan adikku sempat mengantri agak lama karena ramai pengunjung. Nah setelah pesanan siap di santap, kami membicarakan cara layanan pemesanannya.
Adikku tidak suka dengan pelayanannya, "Kebanyakan tanya tuh mas2nya."
Tapi klo aku bilang,"Wajarlah..."
Pegawai KFC: Ya, silakan mau pesen untuk berapa orang, mas?
Customer: Saya mau pesen A, B, C, dll.
Pegawai KFC: Ada yang lain, mas?
Customer: eeee... udah itu aja.
Pegawai KFC: Nasinya mau diganti nasi organik, mas? Cuma tambah Rp 500.
Customer: Gak, udah yang biasa aja.
Pegawai KFC: Jadi totalnya Rp xxx.xxx,-
(Customer membayar. Pelayan sambil menyiapkan pesanan.)
Customer: Mas, nasinya ganti kentang aja.
Pegawai KFC: Tambah Rp 4.000 ya, mas.
Customer: Iya gak apa-apa.
(Pegawai mengembalikan struk dan uang kembalian.)
Pegawai: Mas, mau bikin member, harga Rp xx.xxx,- dapat CD Band xxxxx.
Customer: Gak deh.
Pegawai KFC: Terima kasih
(Customer bisa membawa pesanan ke meja reserved)
Mungkin banyak diantara kita yang tidak merasa nyaman bila ditanya hal-hal lain ketika melakukan suatu transaksi/pemesanan, apalagi yang tadinya sudah punya rencana ingin melakukan pemesanan suatu hal, tapi pertanyaan yang dilontarkan pihak penyedia produk/jasa layanan terlalu banyak pertanyaan. Ini yang membuat pelanggan sering merasa sedikit kesal karena waktu yang dipakai untuk menjawab pertanyaan seakan tidak efektif, sehingga bagi penyedia produk/jasa layanan sebaiknya lebih peka lagi dengan situasi pelanggan, yah seperti di restoran, dimana banyak orang yang mengantri dan pelanggan pun kelihatannya sudah lapar, hindari pertanyaan-pertanyaan untuk menawarkan produk sampingan, karena terlalu banyaknya penawaran produk sampingan dibandingkan dengan penawaran produk utama, ini hanya membuat pelanggan merasa jenuh menuhggu dalam antrian. Kalau pelanggan sudah loyal terhadap produk/jasa layanan itu tidak masalah, tapi kalau tidak, justru akan menjadi efek negatif terhadap revenue perusahaan tersebut.
Namun, untuk pesanan delivery, tidak ada salahnya bila perusahaan menawarkan produk sampingannya. Penawaran ini berfungsi sebagai pengingat bagi pelanggan, siapa tahu saja pelanggan lupa memesan sesuatu yang harusnya juga dipesan. Nah, penawaran ini dilakukan agar pelanggan tidak melakukan transaksi berganda pada hari yang sama, jadi bisa efektif secara waktu dan efisien secara biaya, karena tidak perlu melakukan pengantaran ganda.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar