Jumat, 20 Februari 2009

Si Doel Anak Sekolahan

".... Anak Betawi ketinggalan jaman, katenye...."

Penayangan kembali ‘Si Doel Anak Sekolahan’ membuat aku terpingkal-pingkal menontonnya, padahal waktu awal penayangan perdananya di tahun 1996-an aku tak terlalu banya memperhatikan dari segi leluconnya, tapi lebih ke beberapa pelajaran pendidikan yg diambil, memang lucu sih sinetron yg digarap Karno bersaudara, pasalnya jaman sekarang ini ternyata masih ada juga yg seperti itu… Waduh sampai bisa dikatakan orang primitif, itulah deritanya kalo kita gak sekolah, orang yang sekolah aja masih sulit untuk bisa menaikkan strata status social dan menghidupi keluarganya, apalagi kalo kita tidak sekolah, yang ada kita bisa dibodoh-bodohi orang-orang.

Dulu, seneng banget kalo liat karakter pemain di Si Doel...
1. Si Doel rajin dan tekun belajar sehingga sukses mendapat gelar Ir. alias ‘tukang insinyur’, dulu pertama kali aku nonton di doel aku juga pengen kaya si doel, kuliah dan dapet gelar sarjana. Tapi ternyata untuk meraih itu semua gak gampang, aku masih harus belajar terus. Sifat si doel yg lain yg aku suka berpikiran maju, taat orang tua, rajin beribadah, sayang sama keluarga, supel namun agak diem ‘cool man’. 
2. Sarah  si gadis kaya yang suka banget sama kehidupan keluarga doel yang harmonis, makanya dia sering bgt main ke sana. Meskipun kaya tapi dia gak sombong. Nah, ia juga tulus kalo memberikan sesuatu ke orang lain. Paling aku suka dari Sarah, ia SUPEL banget sama semua kalangan cepet akrab dan yang pasti sopan, cara berpakaiannya pun modis pada era-nya. Wah, kalo nonton sekarang, gaya fashionnya aku suka banget baju agak gombrong yg pasti kagak ketat kaya cewe2 skrg, kadang pake baju kodok ”yg feminim”, klo lagi acara2 selalu elegan jauh dari kesan glamour. Pengen banget bisa ngikutin hobbynya yang suka jeprat jepret ’FOTOGRAFI’
3. Nyak  yang sabar, tapi karna gak sekolah yah gitu deh suka nggak ngerti, jadi kudu dikasih tau juga. Nah, si nyak ini bae bgt deh pokonye.
4. Babe  Peran benyamin menjadi sorotan krn ’almarhum’ mang dr sononye dah maen film genre komedi n yg berbau2 betawi gitu deh... Wah, klo ini paling bangga bgt sm si doel, dia berprinsip klo anaknya hrs sekolah tinggi meski hrs jual tanah dia rela. Samalah seperti prinsip orang batak, klo anak itu paling berharga & harus sekolah setinggi mungkin biar bisa tercapai cita2nya.
5. Mandra  Ciri khasnya adalah bibir lebar & bicara keras. Paling iseng, ada2 aja tingkah lakunya yg ”primif” krn tidak mendapat pendidikan d sekolah, so telat bgt klo bru mau sekolah d umur yg dah tua, jd kudu ambil tuh yg namanye kejar paket A,B,C.

(tokoh lain menyusul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar