SOAL 1
Perlunya "Top
Management"
Pada organisasi berstruktur
tradisional, manajer seringkali dikelompokan menjadi
- manajer puncak (top management
- manajer tingkat menengah (middle management)
- manajer lini pertama (first-line management)
biasanya digambarkan dalam
"TINGKATAN MANAJER PIRAMIDA" dimana jumlah karyawan lebih besar
dibagian bawah drpd di puncak
Top management dikenal pula dengan
istilah executive officer, bertugas merencanakn kegiatan dan strategi
perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan.
Conton top management adl CEO
(chief executive officer), CIO (Chief Information Officer) dan CFO (Chief
Financial Officer)
SOAL 2
Tanggung jawab sosial perusahaan
atau Corporate Social Responsibility (CSR) dapat didefinisikan : sebagai bentuk
kepedulian perusahaan terhadap lingkungan eksternal perusahaan melalui berbagai
kegiatan yang dilakukan dalam rangka penjagaan lingkungan, norma masyarakat,
partisipasi pembangunan, serta berbagai bentuk tanggung jawab sosial lainnya
Alasan Perusahaan Menerapkan
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
- Moralitas : Perusahaan harus
bertanggung jawab kepada banyak pihak yang berkepentingan terutama terkait
dengan nilai-nilai moral dan keagamaan yang dianggap baik oleh masyarakat. Hal
tersebut bersifat tanpa mengharapkan balas jasa.
- Pemurnian Kepentingan Sendiri :
Perusahaan harus bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang berkepentingan
karena pertimbangan kompensasi. Perusahaan berharap akan dihargai karena tindakan
tanggung jawab mereka baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
- Teori Investasi : Perusahaan
harus bertanggung jawab terhadap stakeholder karena tindakan yang dilakukan
akan mencerminkan kinerja keuangan
perusahaan.
- Mempertahankan otonomi :
Perusahaan harus bertanggung jawab terhadap stakeholder untuk menghindari
campur tangan kelompok-kelompok yang ada didalam lingkungan kerja dalam
pengambilan keputusan manajemen.
Manfaat Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan.
1. Manfaat
bagi Perusahaan
Tanggung jawab sosial perusahaan
tentunya akan menimbulkan citra positif perusahaan di mata masyarakat dan
pemerintah.
2. Manfaat
bagi Masyarakat
Selain kepentingan masyarakat
terakomodasi, hubungan masyarakat dengan perusahaan akan lebih erat dalam
situasi win-win solution.
3. Manfaat
bagi Pemerintah
Dalam hal ini pemerintah merasa
memiliki partner dalam menjalankan misi sosial dari pemerintah dalam hal
tanggung jawab sosial.
SOAL 3
MARKET LEADER à
Buku Manaj. Startegik Halaman 74
Salah satu Strategi Keunggulan
Bersaing adalah Strategi Market Leader, Syarat u/ memperoleh posisi market
leader:
a. Product Focused: Kepedulian, misalnya Toyota membuat mobil besar
hingga kecil, dari Alphard sampai Yaris.
b. Technology Focused: Produk yang mutakhir
selalu memperbaharui teknologi. Misalnya hp dulu belum bisa touch screen
sekarang sudah bisa.
c. Customer Focused. Kepedulian terhadap
Customer Misalnya Mobil 88 menerima penjualan dengan harga tinggi.
SOAL 4
Strategi pertumbuhan perusahaan
model Diversifikasi Konglomerasi
Ketika suatu perusahaan menambah
suatu produk atau layanan baru yang tidak terkait/ berhubungan dengan yang
sekarang ada, maka strategi tersebut disebut sebagai diversifikasi konglomerat.
Pada beberapa kasus terjadi bahwa strategi ini dilakukan dengan tujuan untuk
memperoleh keuntungan melalui aktivitas memecah perusahaan yang telah dibeli
atau menjual kembali salah satu atau lebih devisinya.
Ketika Lippobank memutuskan untuk
bergerak di sektor properti atau ketika Bimantara memasuki sektor televisi
merupakan dua contoh strategi konglomerasi.
Demikian pula Maspion dengan
Maspion Bank-nya.
SOAL 5
a)
Hal 80
5 Kekuatan Persaingan M.Porter,
1990:
a. Threat of Potential Entrants (ancaman
dari pendatang-pendatang baru).
b. Bargaining Power of Suppliers (kemampuan
tawar menawar dengan supplier).
c. Bargaining power of Buyers (kemampuan
tawar menawar dengan pembeli/pelanggan).
d. Threat of Subtitute Product or services
(ancaman dari barang/jasa pengganti),
e. Rivalry among Existing Firms (persaingan
diantara perusahaan-perusahaan yang ada).
b)
hal 98
“Strategi 5 C” oleh Kenichi Ohmae:
a. Customer, sebagai customer akan
mengutamakan perhatiannya pada kualitas, harga, desain, nilai dan bagaimana
pendekatanya kepada para customer. Perlu ditekankan sebagai customer praktis
secara relative tidak terfikir apakah produk tersebut buatan negerinya atau
bukan.
b. Competition, dimana denga kemajuan dan
perkembangan teknologi maka tidak ada suatu perusahaanpun yang dapat bertahan
dengan teknologi yang telah dikuasainya tersebut. Sedangkan bagi pihak lain
selalu terbuka teknologi yang lain sehingga dikemukakan “no one p;ayer can
master everything.
c. Company, dalam hubungan ini diperlukan
adanya “brand name” bagi suatu perusahaan untuk menghadapi persaingan yang
bersifat global. Sehubungan denga hal tersebut memelihara brand name tersebut
memerlukan suatu pengeluaran sebagai biaya tetap yang harus diperhitungkan.
d. Country, sebagai suatu perusahaan yang
memiliki wawasan global pemilihan atas Negara yang dapat merupakan daerah subur
bagi pengembangan perusahaan tersebut dalam rangka kegiatan usaha.
e. Currency, dalam hubungan inis suatu
perusahaan yang berwawasan global menginginkan penggunaan mata uang yang tidak
terlalu mudah berfluktuasi sehingga akan menyulitkan didalam pengamanan resiko
sebagai akibat dari ketidakstabilan nilai tukarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar